Setiap kejadian kecil pun ada hikmahnya …




Senin, 27 April 2009

SABAR

Ada tingkatan iman yang tidak bisa dicapai oleh seorang hamba dengan amalnya, kecuali dengan ujian dan cobaan. Ketika Allah berkehendak meningkatkan imannya, maka Dia menetapkan ujian dan menolongnya untuk bersabar menghadapinya.

“... Barangsiapa yang berusaha bersabar niscaya Allah akan menjadikannya sabar. Tidak ada sesuatu yang diberikan kepada seseorang yang lebih baik dan lebih luas daripada kesabaran” (HR.. Bukhariy)

Siapa saja yang mengusahakan faktor-faktor kesabaran, niscaya Allah akan merizkikan sabar kepadanya. Dan siapa saja yang mengusahakan faktor-faktor kegelisahan, niscaya Allah akan menimpakan kegelisahan baginya.

” Dan tidaklah Allah berbuat dzalim kepada mereka, akan tetapi merekalah yang berbuat dzalim 9kepada Allah)” (QS. An Nahl : 33)

Sabarlah untuk masa tertentu, Insya Allah kesabaran itu akan ada dalam masa setelahnya. Jika kelelahan menghebat, ujian bertambah, musibah semakin dahsyat, dan nafsu mengajak pada yang sesat, teruslah berusaha untuk menundukkannya. Sesungguhnya cobaan itu ibarat tamu, ia pasti akan segera berlalu. Kalaupun ia tak jua berlalu, tetaplah bersabar karena cobaan itu adalah salah satu cara menggugurkan dosa.

” Ujian akan terus menimpa seorang muknin; laki-laki dan perempuan, menimpa dirinya, anaknya, dan hartanya, sehingga ia berjumpa dengan Allah tanpa membawa dosa.”(HR. At Tirmidziy)

Inilah fajar pahala mulai menjelang
malam cobaan mulai menghilang
sang pejalan disambut dengan pujian
hampir menuntaskan gulitanya malam
Matahari pahala tiada sedikitpun menghadirkan bayang-bayang
hingga sang pejalan telah sampai ke rumah keselamatan

(Ibnu al Jauzy, Shaidul Khatir hal. 87)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar