Setiap kejadian kecil pun ada hikmahnya …




Jumat, 25 Desember 2009

Maen Gundu

Gundu, atau istilah umumnya kelereng adalah mainan kecil berbentuk bulat yang terbuat dari kaca, tanah liat, atau agate. Ukurannya sangat bermacam-macam. Umumnya ½ inci (1.25 cm) dari ujung ke ujung. Dapat dimainkan sebagai permainan anak, dan kadang dikoleksi, untuk tujuan nostalgia dan warnanya yang estetik.

Yang suka memainkannya biasanya anak-anak, laki-laki atau perempuan sama saja. Gak kenal gender, adil to? Waktu kecil, saya dan adik suka mengoleksi beberapa gundu yang bentuknya unik. Sekarang sih, emang gak lagi. Tapi mungkin dari situlah, hobi saya mengoleksi yg unik2 terbentuk. Wallahu’alam.

Sekedar nostalgia aja, sebelum nulis postingan tentang lagu anak Jambi. Lagi2 lagu, ya gimana ya??? I like sing a song, sich …. Apalagi neh lagi mudah banget nirunya, chordnya juga mudah. Coba aja!



“ Maen Gundu ”

Do do re mi
Do do re mi
Fa mi re

Re re mi fa
Re re mi fa
Sol fa mi

Mi mi fa sol
Mi mi fa sol
Fa mi re

Re re mi fa
Re re mi fa
Mi re do

Maen gundu, maen gundu
Di laman
Jangan lupo, jangan lupo
Makan …

Maen gundu, maen gundu
Di ladang
Jangan lupo, jangan lupo
Sembahyang …


Hehe, simple kan? Tapi ada pesan yang terkandung di dalamnya. Buat anak kecil, diingatkan lewat nyanyian itu terkesan tidak menghakimi tapi menyadarkan. Oh iya, jangan keasyikan main. Ingat makan, ingat sembahyang. Gitu …

Klo yg udah gedhe, gak perlu lagi kan diingatkan begitu? Klo masih, berarti kita sama donk dengan anak kecil. Selamat bermain gundu... ( lho ??? )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar